SPC Flooring vs Vinyl mana lebih baik?[Panduan Pembelian]

Mungkinkah ada vinyl yang sempurna? Manakah yang terbaik diantara SPC Flooring vs Vinyl yang sekarang? Bila itu yang menjadi pencarian Anda maka inilah tempat yang benar untuk mengetahui perbedaan keduanya.

Mereka adalah material yang dikenal 100% waterproof dimana SPC adalah produk dengan bahan dasar yang keras dan tidak mudah untuk dihancurkan sedangkan Lantai vinyl adalah produk yang sangat disukai masyarakat sekarang karena kelenturan dan kenyamanannya.

Dalam perbandingan satu lawan satu antara Vinyl SPC dan Vinyl biasa (PVC) ini temukan kelebihan dan kekurangannya, ketahui cara pembuatannya, berapa harganya, daya tahan hingga kenyamanannya.

Sebenarnya masih ada satu lagi material Vinyl yang sayangnya belum masuk ke Indonesia dan lebih pantas untuk di pertandingkan dengan SPC vinyl flooring ini.

Apa itu SPC?

Rigid core luxury vinyl flooring adalah nama lain dari SPC sebab bahan dasar pembuatan SPC ini memiliki kepadatan yang sangat tinggi dibandingkan material lantai yang lain dan juga tahan air / waterproof.

Sebenarnya konstruksi pembuatan vinyl ini tidak ada yang berbeda selain bahan dasar yang digunakan dan SPC mendapatkan nama “rigid core” dari bahan dasar yang kuat dan mungkin akan jadi lantai yang terkuat juga di Indonesia ini.

Lalu apa kepanjangan dari SPC? Ketika membicarakan ini, SPC bisa sebagai Stone Plastic Composite atau Stone Polymer Composite lebih ke bahan dasar pembuatan.

Bahan dasar SPC flooring ini yang membuat lantai ini menjadi sangat kuat, tidak mudah berubah dan sebagai lantai indoor yang bisa dipasang dimana saja.

Oleh karena itu kamu bisa memasang lantai vinyl SPC di bagian dalam rumah atau properti hampir tidak ada batasan seperti ruang bawah tanah, dasaran lantai (subfloor) apa saja, sampai traffic seberapapun (lalu lalang orang dan kereta barang).

Komposisi Rigid Core Luxury Vinyl Flooring [SPC Flooring]

Sekarang ini biasanya kalau lantai vinyl semakin tebal maka semakin bagus namun dengan adanya SPC flooring seberapa tebalnya vinyl lantai kamu bukanlah sesuatu yang harus dipertimbangkan.

Kini produsen lantai berusaha menciptakan lantai tipis dan kuat sebagai opsinya. Maka ketebalan lantai vinyl SPC ini ada dikisaran 3 – 6mm.

Sekarang, Apa yang membuat lantai tipis ini mampu bertahan? Itu karena komposisinya? Komposisi lantai vinyl biasanya terdiri dari 4 bagian namun bisa lebih atau kurang tergantung dari produsen pembuat lantai.

Mari lihat komposisi SPC flooring ini;

  • Backing Layer: Merupakan lapisan solid sebagai dasaran lantai ini. Beberapa bagian dasarnya sudah ada underlayer (foam)
  • Inti SPC Flooring: Disinilah kekuatan yang sebenarnya dari lantai vinyl SPC.
  • Printed Vinyl: Layer dimana motif lantai diberikan mulai dari kayu, batu alam dan lain-lain
  • Wear Layer: Bagian permukaan vinyl yang tetap bergantung dari ketebalannya layaknya lapisan atau finishing lantai kayu sebagai pelindung permukaan lantai

Kelebihan Vinyl SPC Flooring

  • Waterproof / Anti Air / Tahan Air: Ini adalah bagian dimana lantai vinyl menjadi sebuah pilihan untuk dibeli dan populer di Indonesia begitu juga dengan Vinyl SPC.
  • Pemasangan lebih mudah: Dapat dipasang dimana saja mau itu acian (rata maupun bergelombang), Keramik (tanpa menutup nat) dan subfloor lainnya.
  • Kekuatan Ultra: Dapat dilihat dari komposisi SPC flooring yang memiliki inti paling kuat saat ini.
  • Motif Kayu dan Batuan Alam: Dengan inti Vinyl SPC terbaik membantu tampilan motif di permukaan lebih baik.
  • Pembersihan mudah: Cukup dengan disapu setiap hari dan dipel seminggu sekali maupun bila diperlukan maka semua akan baik-baik saja.

Kekurangan Lantai Vinyl SPC

  • Tidak Nyaman: Karena sifat keras dari inti lantai maka tidak nyaman untuk kaki. Maka lantai vinyl ini akan lebih baik bila dipasang di lingkungan komersial. Bila vinyl WPC sudah masuk Indonesia maka bisa menanggulangi tempat dimana dibutuhkan kenyamanan atau cukup gunakan lantai vinyl PVC.
  • Lebih cepat dingin: Dibandingkan dengan lantai vinyl PVC maka lantai vinyl SPC lebih cepat menyerap dingin.

Apa itu PVC?

Vinyl PVC sudah lama berada di Indonesia dan merupakan material lantai waterproof (Anti air). Yang dihadirkan untuk melengkapi seluruh ruangan didalam rumah kamu.

PVC adalah singkatan dari Poly-Vinyl Composite, dimana ini yang membuat lantai ini tahan air. Inti dari PVC membuat lantai ini empuk nyaman di kaki namun tampak plastiky.

Sekarang Lantai vinyl PVC ini cukup populer di Indonesia dan memiliki jumlah penjualan terbanyak di berbagai marketplace di Indonesia.

Komposisi Lantai Vinyl PVC

Komposisi lantai vinyl ini sama seperti lantai vinyl SPC memiliki 4 layer kurang lebih tergantung dengan produsen dari lantai vinyl tersebut:

  • Backing Layer: Adalah layer paling bawah dari lantai vinyl, terkadang sudah dilengkapi dengan underlayer kalau model vinyl klik atau sudah ada lemnya atau polos
  • PVC base: Inti dari lantai vinyl yang memiliki kelenturan dan kenyamanan saat di injak.
  • Printed vinyl layer: layer dimana Anda bisa melihat beberapa motif sebagai pilihan.
  • Wear Layer: Coating atau pelindung untuk lantai vinyl dari kerusakan. Semakin tebal coating semakin terlindungi.

Kelebihan Lantai Vinyl PVC

  • Waterproof / Anti Air: Sama seperti lantai vinyl SPC, lantai vinyl ini juga material anti air
  • Kenyamanan: Ini adalah kelebihan yang paling jelas dibandingkan dengan lantai vinyl SPC yang keras.
  • Motif: lantai vinyl menjadi tren di Indonesia karena kemampuannya untuk menirukan beberapa motif lantai yang dijual seperti lantai kayu dan lantai batu alam.
  • Perawatan yang mudah: Cukup melakukan pembersihan normal seperti biasa di sapu dan di pel.

Kekurangan Vinyl Flooring PVC

  • Pemasangan: Vinyl plank PVC harus menggunakan lem dimana itu akan memakan waktu yang lama. Di Indonesia ada beberapa macam vinyl mulai dari 1. vinyl roll 2. vinyl plank 3. vinyl plank sudah ada lem 4. vinyl plank klik (T&G). Vinyl sudah ada lem dan vinyl klik paling mudah dalam pemasangan.
  • Penyok atau berubah bentuk: Karena memiliki inti berupa PVC maka lantai ini mudah berubah bentuk. Adanya bekas kaki meja, kaki kursi dan bila kejatuhan barang keras. Tidak bisa dipasang disemua medan seperti keramik (harus tutup nat) dan acian yang sudah berlubang (harus ditutup dahulu).

Mana Lebih Baik Antara Lantai Vinyl dan SPC Flooring?

Harga Lantai

Dilihat dari harga vinyl pvc per meter yang sudah ada lama dipasaran memiliki harga murah dibandingkan dengan vinyl SPC flooring per meter.

Pemenang: Lantai Vinyl PVC

Kenyamanan Lantai

Setelah Anda membaca artikel ini maka sekali lagi vinyl PVC memiliki kelenturan dan kenyamanan dimana lantai SPC benar-benar keras dan mudah dingin.

Pemenang: Lantai Vinyl PVC

Penggunaan Lantai

SPC flooring dapat dipasang dimana saja dengan keadaan dasar lantai bagaimanapun. Sedangkan lantai vinyl masih memerlukan sedikit perbaikan dasar lantai untuk mendapatkan hasil yang baik (Note: lantai dasar yang benar-benar rata tetap harus menjadi prioritas pertama sebelum pemasangan material lantai apapun).

Pemenang: SPC Flooring

Daya Tahan Lantai

Sebagai pemunya nama Rigid Core Luxury Vinyl maka cukup dinobatkan sebagai vinyl terkeras saat ini.

Pemenang: SPC Flooring.

Kesimpulan dan Pemesanan

Pada akhirnya tidak ada Vinyl yang sempurna karena mereka memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kembali kepada rencana dan keinginan Anda untuk menempatkan lantai vinyl ini di ruangan. Apa yang dibutuhkan dan bagaimana hasil yang diinginkan.

Ada kemungkinan untuk menggunakan kedua lantai vinyl ini di satu bangunan, kenapa tidak kalau itu memenuhi hasil akhir yang diinginkan.

Kami jual lantai vinyl plank dan juga lantai vinyl SPC. Kami juga sedia jasa pemasangan lantai vinyl SPC (+material SPC). Hubungi kami disini untuk mendapatkan katalog motif lantai kayu dan harga lantai SPC maupun lantai Vinyl.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat